BINUS SCHOOL Semarang | BINUS SCHOOL Semarang Luncurkan Mini Museum Wayang Potehi di Sekolah

Wayang potehi sejak lama mahsyur sebagai budaya asli Tiongkok yang telah mengakar kuat di Kota Semarang. Biasanya, wayang potehi dimainkan menjelang datangnya Tahun Baru China atau Imlek di Pecinan Semarang. BINUS SCHOOL Semarang luncurkan Mini Museum dengan representasi Shio/Chinese Zodiac dalam bentuk Wayang Potehi di area sekolah.BINUS SCHOOL Semarang satu – satunya di Jawa Tengah yang memiliki Mini Museum.

 

BINUS SCHOOL Semarang tetap menjunjung kebudayaan yang ada di Indonesia. Hadirnya Museum ini menjadi salah satu sarana belajar baru di sekolah untuk siswa-siswi BINUS SCHOOL Semarang. BINUS SCHOOL Semarang bekerjasama dengan Museum Gubug Wayang. Kerjasama ini juga sejalan dengan Perkembangan belajar mengajar di BINUS SCHOOL Semarang saat ini untuk selalu memberikan experience baru dan competitive outcomes bagi BINUSIAN dalam perjalanan berkarya untuk membina dan memberdayakan masyarakat.

 

Peresmian & MOU Signing dengan Museum Gubug Wayang telah dilakukan beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 10 November 2022. Dengan adanya Peresmian & MOU Signing museum ini, kini BINUS SCHOOL Semarang dapat dikunjungi museumnya dan terbuka untuk umum. 

 

Mini Museum di BINUS SCHOOL Semarang mengangkat tema 12 Shio atau Chinese Zodiac dalam bentuk wayang potehi. Wayang Potehi Shio ini, 12 shio yakni shio tikus, shio kerbau, shio macan, shio kelinci, shio naga, shio ular, shio kuda, shio kambing, shio monyet, shio ayam, shio anjing dan shio babi. Tema tersebut diangkat bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi beserta civitas academica BINUS SCHOOL Semarang mengenai macam-macam shio beserta sejarahnya, karakter dan sisi kehidupannya  sekaligus mengangkat wayang potehi sebagai representasi local culture dari Kota Semarang yang kental akan kebudayaan Tionghoa. Siswa-siswi BINUS SCHOOL Semarang sebagai generasi muda akan terus melestarikan berbagai kebudayaan yang ada di Nusantara.

Contact Us Application