BINUS SCHOOL Serpong Kembali Menjadi Tuan Rumah Kompetisi Matematika Internasional WMI 2023 – Indonesia Preliminary Round

Kompetisi matematika berkelas internasional, World Mathematics Invitational (WMI) kembali digelar di BINUS SCHOOL Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (01/04). Untuk tahun ini, BINUS SCHOOL Serpong menjadi salah satu tuan rumah untuk wilayah Tangerang dan sekitarnya.

Ribuan peserta yang berasal dari berbagai sekolah di tingkat TK sampai SMA di seluruh Indonesia akan mengikuti kompetisi ini. Setelah melewati babak preliminary, peserta yang mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu nantinya mendapatkan kesempatan untuk berhadapan dengan peserta dari negara-negara lain seperti America, China, Taiwan, Korea, Thailand, Philippines, Singapore, Malaysia, Nigeria, Hong Kong, Macao, Iran, Bulgaria, India, Kazakhstan, Cambodia, Myanmar, Australia, Brazil, Turkey, Vietnam, Mongolia dan Laos di ajang WMI Final. Untuk tahun ini, WMI Final akan diselenggarakan di Korea Selatan di bulan Juli 2023.

Principal of Middle and High School BINUS SCHOOL Serpong, Ms. Sherrierose Garcia Gonzales, menyampaikan, ajang kualifikasi WMI ini merupakan kesempatan bagi siswa dalam mengembangkan minat dan bakat, sekaligus menunjukkan kemampuan mereka di bidang matematika, apalagi matematika merupakan dasar dari banyak ilmu.

“Peserta yang mengikuti babak kualifikasi WMI di BINUS SCHOOL Serpong tahun ini berjumlah 642 siswa yang berasal dari 22 sekolah di wilayah Tangerang dan sekitarnya. Melalui event seperti ini, para siswa menjadi terpacu untuk mengasah keterampilannya dalam bidang matematika,” jelas Ms. Sherrie.

Ditambahkan Ms. Sherrie, ini adalah kali kedua BINUS SCHOOL Serpong menjadi tuan rumah untuk Kompetisi WMI preliminary round. Bedanya tahun lalu WMI preliminary round masih diadakan secara online sedangkan tahun ini kembali ke onsite. Untuk jumlah peserta tahun ini mengalami peningkatan lebih dari 200 peserta dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, Principal of Early Childhood Years & Elementary BINUS SCHOOL Serpong, Ms. Anwin Samsudi, turut menambahkan, kompetisi ini juga memberikan kesempatan besar kepada siswa-siswi di Indonesia, sehingga dapat menjadi pemicu untuk lebih semangat dan kreatif dalam mendalami bidang matematika.

“Kami melihat antusiasme yang sangat besar dari para peserta dalam mengikuti kompetisi ini, terlebih lagi kompetisi ini merupakan ajang bergengsi tingkat dunia. Oleh karena itu, kami sangat mendukung bibit-bibit muda yang sudah berani menjajaki kompetisi ini,” ungkap Ms. Anwin.

WMI merupakan kompetisi internasional matematika yang pertama kali diinisiasi oleh negara Taiwan untuk mengumpulkan institusi dan organisasi di dunia yang ingin mempopulerkan bidang ilmu matematika.

Peserta yang mengikuti WMI, tidak hanya akan berkompetisi di tingkat nasional dan dunia, para siswa yang menjadi peserta juga berkesempatan untuk menjelajahi horizon baru, terutama dalam mendapatkan pengalaman dan budaya baru antar sesama pecinta matematika.

 

Contact Us Application