Contoh Bullying di Sekolah yang Sering Disepelekan, Ortu Wajib Tahu!

Bullying atau perundungan di sekolah merupakan masalah yang harus dihindari setiap orang. Bagaimana tidak, bullying dapat berdampak sangat serius pada korban. Bentuknya pun bermacam-macam.

Bullying bisa terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk fisik, verbal, dan psikologis. Sayangnya, bullying masih sering terjadi di sekolah, dan para siswa sering kali tidak tahu bagaimana cara menghadapi dan melaporkannya. Berikut adalah beberapa contoh bullying yang bisa terjadi di sekolah.

Contoh Bullying di Sekolah yang Sering Disepelekan

Bentuk-bentuk bullying bermacam-macam sehingga terkadang tidak disadari bahwa seseorang telah mengalami perundungan. Salah satu contoh bullying yang banyak terjadi adalah mengucilkan orang lain.

Tindakan ini biasanya dilakukan dengan sengaja untuk membuat korban merasa sendirian dan terpisah dari kelompok sosial mereka. Hal ini dapat menyebabkan korban merasa terisolasi dan kehilangan rasa percaya diri.

Selain mengucilkan, mengabaikan orang lain dengan sengaja juga merupakan bentuk bullying. Tindakan ini dilakukan dengan mengabaikan atau tidak memperhatikan korban secara sengaja. Hal ini dapat membuat korban merasa tidak dihargai dan merasa diabaikan oleh orang lain.

Kemudian, bullying juga bisa terjadi dalam bentuk mengomentari fisik korban secara negatif. Tindakan ini dapat menyebabkan korban merasa tidak nyaman dengan penampilannya, bahkan mungkin membuatnya merasa malu dan tidak percaya diri. Mengomentari fisik orang lain secara negatif dapat memicu masalah kesehatan mental pada korban.

Lalu, bullying di sekolah juga bisa terjadi dengan kekerasan fisik, seperti memukul atau menendang. Tindakan ini dapat menyebabkan korban merasa sakit, bahkan dapat menyebabkan cedera fisik yang serius. Tindakan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja dan harus dilaporkan segera kepada orang dewasa yang dipercayai.

Terakhir adalah menghina atau merendahkan. Tindakan ini dilakukan dengan menyebarkan rumor atau gosip yang tidak benar tentang korban, atau dengan menghina dan merendahkan korban di depan orang lain.

Tindakan seperti ini dapat menyebabkan korban merasa malu dan merasa tidak dihargai sebagai individu yang unik dan berharga. Bullying adalah masalah yang serius dan harus diperangi dengan tegas di sekolah.

Penting bagi para siswa dan orang dewasa yang terlibat dalam dunia pendidikan untuk memahami tanda-tanda bullying dan mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi korban dan mencegah bullying terjadi di sekolah. Kita semua harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan menghormati semua individu, tanpa kecuali.

Hal itu juga yang dipegang oleh BINUS SCHOOL Semarang sebagai sekolah yang memerangi tindakan bullying di sekolah. Hal itu dilakukan agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk belajar dan tumbuh secara positif.

BINUS SCHOOL Semarang

BINUS SCHOOL Semarang

BINUS SCHOOL Semarang merupakan sekolah bertaraf internasional yang baru diresmikan pada 18 Agustus 2022. Sekolah ini berlokas di POJ Avenue Kav 3, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sekolah ini menyediakan empat jenjang pendidikan, yakni TK, SD, SMP dan SMA. Sistem pendidikannya juga didesain menyenangkan dengan menerapkanĀ  kurikulum Cambridge dan Pearson Edexcel. Diharapkan para peserta didik bisa memiliki karakter dan kreativitas yang tinggi.

Selain itu, BINUS SCHOOL Semarang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih untk menunjang pembelajaran, seperti safe outdoor playground, learning resources center, outdoor sport area, ECY classrooms, discovery area, creative rooms hingga Active Floor yang berteknologi Artificial Intelligence pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Anda yang tertarik juga bisa menghubungi contact person di 081197006969 melalui Link WhatsApp untuk informasi lebih lanjut terkait BINUS SCHOOL Semarang.

Contact Us Application